PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL
UPACARA ADAT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SISWA KELAS IX SMP DI KABUPATEN
TEGAL
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar
Belakang
Pada
hakikatnya pembelajaran bahasa Jawa dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan
keterampilan siswa dalam berbahasa dan bersastra. Kemampuan dalam berbahasa
meliputi menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Dalam mengimplementasikan
suatu keterampilan berbahasa dibutuhkan kompetensi dasar yang harus dicapai
oleh siswa. Salah satu kompetensi dasar dalam kurikulum 2013 yang perlu
diperhatikan dalam pembelajaran bahasa Jawa adalah memahami upacara adat.
Upacara adat
merupakan kegiatan yang secara turun temurun dilakukan oleh suatu daerah karena
memiliki makna yang berarti dari upacara adat tersebut. Dalam kehidupan
sehari-hari, banyak siswa yang belum mengenal bahkan tidak tahu akan adanya
upacara adat di daerah Tegal. Salah satu upacara adat yang ada di daerah Tegal
adalah Sedekah laut.
Berdasarkan studi pendahuluan yang
peneliti lakukan terhadap beberapa sekolah di Kabupaten Tegal yaitu SMP Negeri
3 Talang dan MTs Bustanul Huda, dalam pembelajaran bahasa Jawa khususnya
kompetensi dasar memahami upacara adat, siswa masih banyak yang merasa bingung
dan kesulitan untuk memahaminya. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran, siswa
belum mengenal upacara adat sedekah laut yang ada di daerah Tegal tersebut.
Dalam wawancara yang peneliti lakukan
dengan salah seorang guru mata pelajaran bahasa Jawa di SMP Negeri 3 Talang,
peran guru dalam mencapai kompetensi dasar memahami upacara adat dirasa masih
kurang. Guru masih merasa kurang dalam pembelajaran tersebut dikarenakan masih
kurangnya media yang dapat menunjang dan mempermudah siswa dalam memahami suatu
kompetensi dasar khususnya upacara adat. Guru cenderung masih menggunakan media
klasik yaitu gambar-gambar upacara adat sebagai media penunjang dalam pembelajarannya.
Pembelajaran yang seperti ini menjadikan siswa bosan dan tidak tertarik dengan
pembelajaran yang sedang berlangsung.
Dengan pembelajaran yang masih terbilang
konvensional tersebut, dikhawatirkan tidak tercapainya tujuan pembelajaran.
Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk mencapai tujuan
pembelajaran yaitu dengan penggunaan media yang dapat menunjang dalam
pembelajaran bahasa Jawa khususnya dalam mencapai kompetensi dasar memahami
upacara adat.
Salah satu media yang dapat membantu
guru dan siswa dalam pembelajaran adalah media audio visual. Dalam media audio
visual diutamakan penguasaan siswa dalam menangkap meteri yang akan
disampaikan.
Media audio
visual merupakan gabungan antara media audio dan media visual yang dapat
memudahkan siswa dalam suatu pembelajaran. Dalam pembelajaran memahami upacara
adat lebih mengutamakan media yang berbasis kontekstual karena siswa akan lebih
mudah menangkap materinya dan siswa dapat mengimplementasikannya ke dalam
kehidupan sehari-hari.
Suatu
media pembelajaran diharapakan dapat membantu siswa dalam mencapai kompetensi
dasar. Media yang dapat digunakan dalam kompetensi dasar memahami upacara adat
adalah media audio visual yang akan dikemas dalam bentuk video dokumenter prosesi
upacara adat sedekah laut yang ada di daerah Tegal.
Media audio
visual tersebut di dalamnya berisikan video dokumenter prosesi upacara adat
sedekah laut dan makna yang terkandung dalam prosesi sedekah laut bagi
masyarakat Tegal pada umumnya.
Dalam pembuatan media audio visual
tersebut, diharapkan siswa dapat lebih tertarik dalam pembelajaran memahami
upacara adat dan dapat menumbuhkan minat siswa dalam melestarikan budaya yang
ada di daerah Tegal.
1.2. Identifikasi Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah di atas, maka masalah yang dapay diidentifikasi antara
lain : 1) Kurangnya pengetahuan siswa tentang upacara adat yang ada di Tegal 2)
Metode yang digunakan guru dalam pembelajaran memahami upacara adat masih
konvensional 3) Kurangnya media pembelajaran yang menarik perhatian siswa dan
dapat memotivasi siswa.
1.3. Cakupan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah yang dijelaskan diatas,
maka permasalahan dalam penelitian ini akan difokuskan pada pengembangan media
audio visual upacara adat dalam pembelajaran bahasa Jawa siswa kelas IX SMP di
Kabupaten Tegal. Media audio visual yang akan dikembangkan ini diharapkan dapat
membantu guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Jawa. Media ini berisi video
prosesi sedekah laut yang akan dikemas dalam bentuk video dokumenter untuk
pembelajaran memahami upacara adat bagi siswa kelas IX SMP di Kabupaten Tegal.
1.4.
Rumusan Masalah
1.
Bagaimana
analisis kebutuhan media audio visual upacara adat dalam pembelajaran bahasa
Jawa siswa kelas IX SMP di Kabupaten Tegal?
2.
Bagaimana
prototipe media audio visual upacara adat dalam pembelajaran bahasa Jawa siswa
kelas IX SMP di Kabupaten Tegal?
3.
Bagaimana
uji validasi produk media audio visual upacara adat dalam pembelajaran bahasa Jawa siswa kelas IX
SMP di Kabupaten Tegal?
1.5. Tujuan
Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan penelitian
akan dijabarkan sebagai berikut :
1.
Mengetahui
kebutuhan siswa dan guru akan media audio visual upacara adat bagi siswa kelas
IX SMP di Kabupaten Tegal.
2.
Mengetahui
karakteristik prototipe media audio visual upacara adat bagi siswa kelas IX SMP
di Kabupaten Tegal melalui kebutuhan guru dan siswa.
3.
Memperoleh
hasil penilaian dan saran oleh tim ahli terhadap prototipe media audio visual
upacara adat bagi siswa kelas IX SMP di Kabupaten Tegal.
1.6. Manfaat
Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat secara
teoritis dan secara praktis.
1. Manfaat Teoritis
Secara teoritis, penelitian ini diharapkan dapat memberikan
pengetahuan dan teori tentang pengembangan media audio visual upacara adat bagi
siswa kelas IX SMP di Kabupaten Tegal.
2. Manfaat Praktis
a. Bagi Siswa
Penelitian
ini akan memberikan pengetahuan baru bagi siswa dan selanjutnya siswa
diharapkan dapat menguasai materi upacara adat yang ada di daerah Tegal melaui
menggunakan media audi visual tersebut.
b. Bagi Guru
Penelitian
ini akan mambantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran bahasa Jawa
khususnya mamahami upacara adat. Selain itu, hasil dari penelitian ini
diharapkan dapat menunjang kemajuan pembelajaran bahasa Jawa kedepannya.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar